5 Cara Mengecek HP Samsung M20 Second atau Bekas


Belakangan ini dunia per gadgetan semakin merajai dunia dengan persaingan spesifikasi pada setiap brand-nya. Brand yang satu mengandalkan kamera, brand Samsung M20 menawarkan RAM yang besar, dan brand lain dengan berbagai fitur andalannya. 



Saking pesatnya dunia teknologi, terkadang ada saja orang yang memanipulasi penjualan HP replika atau bekas yang dijual dengan harga yang mahal. Maka dari itu, sebelum memutuskan membeli HP cobalah untuk lebih berhati-hati dan teliti.

Cara Mengecek HP Samsung M23 Second atau Bekas

Bagi Anda yang mengoleksi HP bekas tetapi terlihat normal, upayakan jangan langsung tergiur. Cek terlebih dahulu apakah HP bekas itu masih layak digunakan atau tidak. Banyak orang yang menjual HP bekas bilangnya baru dipake beberapa hari yang lalu, padahal sudah ada ditangannya sejak satu atau dua tahun yang lalu. Nah, agar Anda tidak menjadi korban penjualan yang seperti itu, simaklah cara mengecek HP bekas di bawah ini.

  1. Lihat Dari Kondisi Luarnya
Kondisi body HP biasanya merupakan hal yang paling pertama Anda perhatikan, mulai dari apakah casing-nya ada goresan atau tidak. Apabila sudah terlihat ada goresan apa artinya?! Artinya bahwa HP samsung tersebut second alias bekas. Namun, kalau Anda merasa legowo atau baik-baik saja dengan kondisi yang sedikit lecet, mungkin lebih baik Anda beli saja untuk koleksi atau digunakan alat komunikasi sehari-hari. Harganya pun mungkin lebih murah.

  1. Cek Garansi
Pengecekan body HP mungkin bisa dimanipulasi oleh penjualnya, namun tanggal berakhir garansi tidak bisa diotak-atik. Maka dari itu, cek garansi HP bekas tersebut supaya jika terjadi kerusakan sistem atau hal lainnya bisa langsung Anda perbaiki ke Samsung Service Center. Perhatikan juga nota garansinya untuk memastikan tanggal expired-nya kapan. Mengecek garansi itu sangat bermanfaat loh guys, jangan dilewatkan!

  1. Cek IMEI
Kode IMEI itu semacam kode rahasia yang dikeluarkan setiap brand. Tipe Samsung M20 memiliki kode khusus yang bisa dicek dengan menekan *#06# lalu tekan ok. HP Samsung dengan satu SIM Card akan memunculkan satu nomor IMEI, kalau dual SIM Card berarti dua kode IMEI. Kemudian cek kode tersebut dengan IMEI yang terdapat pada dus box, kalau sama berarti penjual HP bekas itu jujur.

  1. Cek Standarisasi HP Samsung
Cara mengecek standarisasi HP samsung yakni dengan memasukkan nomor *#0*# pada dial number. Kemudian akan muncul beberapa fitur untuk alat testing pada layar HP Anda. Fitur tersebut di antaranya: layar, getar, sensor, kamera, touchscreen, speaker dan masih banyak lagi. Cek fitur-fitur tersebut sebanyak tiga kali. Apabila masih aman-aman saja berarti Anda layak membeli HP samsung bekas tersebut.

  1. Cek Pada Menu Setting HP Samsung
Selanjutnya coba cek HP samsung Anda melalui menu Settings – About Device – Status – Status Device. Apabila Anda menemukan status atau tulisan official, maka kemungkinan ROM HP tersebut masih bawaan dan belum pernah dilakukan root. HP Samsung dengan status demikian sebenarnya masih dalam perbaikan, maka layak Anda beli kalau memang membutuhkannya.

Nah, demikianlah beberapa cara mengecek HP Samsung M20 bekas alias second. Mengetahui performa HP bekas sangatlah penting kalau untuk digunakan sehari-hari. Tapi, apakah lebih baik membeli HP baru dengan kualitas yang bagus agar Anda tidak kecewa? Semuanya dikembalikan lagi kepada Anda sebagai pengguna.