Deretan Manfaat Anak Main di Luar Rumah

Kegiatan di luar ruang mempunyai banyak faedah untuk proses tumbuh kembang anak. Sayangnya, sekarang ini ada banyak orang-tua yang seringkali cemas ajak buah hati mereka untuk main di luar, sebab beberapa fakta.

Survey paling baru yang dikerjakan My Baby temukan, 85 % ibu cemas saat anak main di luar. Sesaat 65 % yang lain merasakan gigitan nyamuk serta serangga jadi fakta penting kecemasan beberapa ibu.



GM Merek Portfolio Strategy & Innovation CCHC-Cosmetic and Consumer, PT Barclay Products, Dahlia Yolanda menjelaskan jika kecemasan orang-tua tentang hal tersebut memang lumrah. Gigitan nyamuk tidak bisa dipandang remeh.

"Tidak sekedar hanya ruam, abuh atau bentol yang dikuatirkan, tetapi gigitan nyamuk bisa jadi pemicu awal beberapa penyakit serius, seperti demam berdarah, malaria, chikungunya sampai zika," sebut Dahlia, dalam launching yang diterima VIVA, Kamis, 18 Juli 2019.

Sebelum melarang anak bermain di luar rumah, Anda pun harus tahu jika bermain di luar serta mendalami alam terbuka mempunyai deretan faedah buat si kecil.

Psikolog Keluarga, Retno Dewanti Purba menjelaskan, beberapa faedah main di luar buat anak ialah penambahan kreatifitas, mengembangnya potensi penyelesaian permasalahan, melatih kerja sampai dapat melakukan perbaikan situasi hati.

Bila anak dibiasakan melakukan aktivitas di luar rumah, akan kelihatan riil penambahan kebugarannya. Bermain di luar ruang didapati mempunyai dampak teurapeutik yang baik buat keadaan psikologis.

"Orang-tua semestinya memberikan peluang pada anak untuk habiskan waktu di halaman rumah, ruangan hijau terbuka, kebun, taman, pantai, pegunungan serta lingkungan alami lain. Dampingi anak bermain di luar rumah supaya mereka dapat kenal lingkungan lewat cara menyenangkan," sebut Retno.

Dia memberikan tambahan jika orang-tua harus mengusahakan supaya anak bermain sambil aktifkan moda sensori tubuhnya. Melonjak, lari, berjalan, berjinjit serta beberapa pergerakan badan akan merubah keterampilannya kuasai pergerakan kasar serta halus. Terangkan dalam bahasa yang gampang mengenai beberapa hal baru yang didapati di alam terbuka.

"Penting buat orang-tua tidak untuk takut serta cemas bawa anak-anaknya berhubungan dengan alam. Kesiagaan perlu tetap, tetapi tidak bisa takut atau menghindarkan kegiatan luar," kata Retno.

Menurut dia, orang-tua dapat lakukan persiapan yang baik supaya anak nyaman dan aman melakukan aktivitas di luar. Diantaranya, untuk menahan gigitan nyamuk, orang-tua dapat mengimplementasikan minyak telon yang memiliki kandungan beberapa bahan alami serta tahan pada kulit si kecil sebelum mereka bermain di luar,

"Menjelaskan anak dengan alam diakui datangkan banyak faedah buat proses tumbuh kembang anak. Jangan takut, waktunya ibu percayakan si kecil bebas main di luar," sebut Retno.(nsa)