Timbangan Sering Naik Pagi Hari? Ini 5 Penyebabnya

Sudah pernahkah Anda alami fluktuasi berat tubuh pada pagi hari? Jari yang membengkak, sendi kaku, serta perut kembung. Keadaan ini bukan saja membuat tidak nyaman dan juga membuat depresi.

Bila Anda seringkali alami ini, peluang Anda alami berat tubuh makin bertambah sebab air. Seputar 60 % dari badan manusia ialah air, sejumlah besar ketahan di sel. Satu orang alami kenaikan berat tubuh sebab air saat cairan terkumpul di jaringan, yang mengakibatkan badan membengkak.



Bukannya membuangnya, badan malah menaruh cairan berlebihan antara organ serta kulit. Tetapi, abuh sebab cairan ini cuma sesaat saja serta bukan berarti Anda alami kenaikan berat tubuh sungguhan.

Lalu, apa yang mengakibatkan kenaikan berat tubuh sebab cairan ini? Tersebut lima salah satunya seperti diambil situs Times of India.

Kebanyakan mengonsumsi garam atau karbohidrat

Satu diantara pemicu paling umum retensi air ialah mengonsumsi garam yang terlalu berlebih. Sodium mengikat air serta meredamnya di badan. Makin tinggi konsumsi natrium, makin besar efek retensi cairan pada tubuh. Demikian juga, bila Anda konsumsi banyak karbohidrat, karena itu bisa berefek pada retensi cairan.

Menstruasi

Sejumlah besar wanita alami kenaikan berat tubuh waktu menstruasi. Ini berlangsung sebab hormon yang berfluktuasi. Payudara dapat melunak serta Anda mungkin merasakan kembung waktu menstruasi. Tapi tidak butuh cemas, semuanya ini akan hilang demikian menstruasi Anda usai.

Kontrasepsi hormonal

Terkadang, kontrasepsi hormonal dapat mengakibatkan menambahkan berat tubuh. Estrogen serta progestin dalam pil KB bisa mengakibatkan fluktuasi timbangan berat tubuh Anda.

Kandungan kortisol

Kortisol yang diketahui jadi hormon depresi, jadi fakta dibalik kenaikan berat tubuh. Hormon ini bertanggungjawab untuk jaga kandungan gula darah masih konstan, menyamakan metabolisme serta kurangi peradangan. Penambahan kandungan kortisol bisa mengakibatkan retensi air.

Mengonsumsi obat-obatan

Obat untuk tekanan darah tinggi, seperti calcium kanal blocker, kortikosteroid, serta obat antiinflamasi nonsteroid, bisa mengakibatkan kenaikan berat tubuh. Bila menurut Anda obat-obatan yang Anda mengonsumsi bertanggungjawab atas kenaikan berat tubuh Anda, coba minta obat pilihan pada dokter.(nsa)