6 Alasan Dibalik Pentingnya Les Bakat Bagi Anak


Mungkin sebagian dari orang tua berpikir apakah anak masih membutuhkan les ketika sudah bersekolah. Atau mungkin Anda adalah salah satu orang tua yang mempertanyakan apakah efektif memberikan les kepada anak yang telah terbebani secara akademis dengan pelajaran. Jika iya, maka Anda harus melihat beberapa lembaga les anak yang menyediakan pengembangan minat dan bakat.



Seperti yang kita ketahui, les secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu les akademik yang berhubungan dengan materi akademik di sekolah dan les pengembangan diri yang berfokus kepada minat dan bakat. Bentuknya bermacam-macam mulai dari menyanyi, menggambar, bela diri, bermain alat musik, memasak dan berbagai kegemaran anak lainnya. Sesungguhnya les-les seperti ini sangat penting loh bagi perkembangan anak.

Kenapa Anak Perlu Ikut Les?

Apakah anak akan merasa terbebani? Jawabannya adalah iya manakala les tambahan tersebut tidak sesuai dengan minat anak. Namun jika les yang diberikan sesuai dengan minat anak, maka hal tersebut akan menjadi sesuatu yang menyenangkan. Lalu apa saja sih pentingnya les bakat bagi anak? Yuk simak beberapa penjelasannya:

  1. Mengasah Potensi Anak
Potensi adalah sesuatu yang dapat dikembangkan namun belum terlihat. Nah dengan memberikan les bagi anak, sesungguhnya kita sebagai orang tua akan berusaha mengembangkan potensi tersebut supaya muncul ke permukaan. Siapa sih yang tidak ingin melihat anak memiliki banyak kemampuan dan prestasi?

  1. Mempersiapkan Masa Depan Anak
Dengan memberikan les bakat, anak akan mempunyai berbagai modal untuk masa depannya. Misalnya saja, selain akademik, anak mempunyai bakat bermain alat musik. Kemampuan tersebut tentu akan menunjang kegiatan anak baik dalam masa sekolah ataupun setelahnya.

  1. Kesempatan Memupuk Prestasi
Kata siapa dengan les akan mengganggu kegiatan sekolah, justru dengan memberikan les, anak akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan bakat dan kesempatan yang lebar untuk mendapatkan prestasi. Karena banyak perlombaan yang membutuhkan skill yang hanya didapatkan melalui latihan rutin. Misalnya menyanyi, bela diri, olahraga dan lain sebagainya.

  1. Memberikan Relaksasi bagi Anak
Ketika anak selalu mendapatkan pembelajaran akademik di sekolah, tentu anak akan mengalami kejenuhan. Nah, dengan les bakat, sesungguhnya anak mempunyai kesempatan untuk relaksasi dan menghibur diri. Misalnya saja les gambar yang dilakukan oleh anak. Melalui kegiatan ini, anak akan belajar menyalurkan emosi dengan baik dan pastinya akan mendapatkan kegiatan yang menyenangkan.

  1. Menyeimbangkan Fungsi Otak
Dengan les bakat, otak anak akan terasah dengan baik. Sehingga bukan hanya otak kiri saja yang berfungsi dengan maksimal. Namun juga otak kanan yang berhubungan dengan bahasa, warna, bentuk, dan kemampuan berkarya. Nah kita pasti ingin kan anak kita bukan hanya cerdas namun juga kreatif? Maka memilihkan les bakat yang tepat adalah salah satu keputusan yang tepat.

  1. Melatih Kemampuan Kolaborasi dan Kepercayaan Diri
Ketika menjalani les, bukan tidak mungkin anak akan belajar untuk berkolaborasi dengan anak lainnya. MIsalnya les menari, menyanyi, dan bermain alat musik. Akan ada suatu momen dimana anak akan belajar dari anak lainnya. Misalnya ketika sedang berkompetisi ataupun saat ada pementasan tertentu. Selain itu, anak akan terlatih untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan berani untuk mengekspresikan diri.

Demikian beberapa alasan yang bisa membantu untuk memutuskan memberikan les bakat kepada anak. Kita sebagai orang tua memang sudah kewajibannya bukan untuk mendukung dan mengembangkan bakat yang dimiliki oleh anak? Yuk segera pilih lembaga les anak yang sesuai dengan minat dan bakatnya!