Cara Memelihara Kesehatan Mulut dan Gigi

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar masyarakat banyak yang meremehkan gangguan kesehatan mulut dan gigi. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa gangguan penyakit ini bukanlah jenis penyakit akut yang berpotensi membahayakan nyawa, namun apabila dibiarkan tanpa penanganan serius, gangguan ini juga dapat berpotensi menimbulkan kematian bagi penderitanya. Apa saja tips dan triks cara memelihara kesehatan mulut dan gigi? Berikut ini tips dan triksnya.



Tips dan triks
Menurut berbagai sumber, serangkaian tips dan triks cara memelihara kesehatan mulut dan gigi yang bisa dilakukan adalah:

Asupan makanan. Hindari atau minimal kurangi asupan makanan yang manis dan lengket karena berpotensi menimbulkan plak yang merusak gigi.

Hindari pula konsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin, karena berpotensi menimbulkan keretakan pada lapisan enamel gigi. Dianjurkan juga memperbanyak asupan buah-buahan atau sayur-sayuran yang mengandung antioksidan tinggi sebagai pencegahan tumor/kanker dan infeksi virus herpes simpleks pada mulut Pembersihan gigi.

Lakukan pembersihan gigi menggunakan metode sikat gigi atau dental floss. Benang gigi atau dental floss digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada sela gigi.
Asupan nutrisi.

Perbanyak asupan makanan atau minuman yang memiliki kandungan vitamin C dan kalsium serta fosfor. Vitamin C berguna untuk mencegah terjadinya radaang dan perdarahan pada gusi, sedangkan kalsium dan fosfor berguna untuk memperkuat lapisan enamel gigi.

Ramuan tradisional. Beberapa jenis ramuan tradisional seperti daun sirih, daun sirsak dan daun sambiloto bisa digunakan untuk mencegah perkembangbiakan bakteri dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Gunakan sebagai obat kumur atau obat telan.

Rutin kontrol. Rutin kontrol minimal enam bulan sekali agar kondisi kesehatan gigi dapat dipantau. Lakukan juga kunjungan medis apabila terjadi sariawan yang tidak kunjung sembuh atau malah bertambah banyak, karena bisa saja disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks.

Hindari penularan.
Hindari media penularan seperti air dan udara apabila diketahui salah satu teman, kerabat atau saudara menderita infeksi virus herpes simpleks yang menyerang kelenjar ludah pada mulut.

Demikianlah beberapa tips dan triks cara memelihara kesehatan mulut dan gigi yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.