Tips Bijak Dalam Memilih Deterjen Untuk Baju Si Kecil

Deterjen digunakan sebagai sabun cuci untuk meembuat pakaian Anda bersih kembali. Tidak hanya bersih, deterjen juga mampu menghilangkan bakteri dalam baju serta membuat pakaian lebih wangi. Jika Anda sedang memiliki bayi, Anda perlu lebih memperhatikan deterjen untuk baju bayi yang aman dan tidak akan menimbulkan alergi atau masalah kesehatan lainnya. Begitu pentingkah ?



Pemilihan dan penggunaan deterjen khusus baju bayi memang tidak boleh sembarangn. Hal ini dikarenakan kandungan bahan yang ada pada deterjen khusus bayi dan deterjen biasa sangat berbeda. Komposisi berbeda inilah yang menjadi tolok ukur aman tidaknya produk deterjen bagi si bayi. Berikut ini beberapa tips yang harus Anda ketahui saat memilih deterjen yang aman.

Tips Memilih Deterjen Khusus Bayi

Bayi sangatlah rentan terhadap segala hal disekitarnya khususnya bakteri dan kuman. Hal ini dikarenakan para bayi masih memiliki imun yang lemah. Untuk mengindari dan meminimalisir alergi pada bayi, mulailah dengan memilih deterjen yang aman. Apa sajakah tipsnya?

1.     Pilih Deterjen Cair
Para ibu dirumah yang memiliki bayi, sebaiknya memilih deterjen yang cair agar lebih aman unrk si kecil. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan deterjen bubuk pada umumnya akan meninggalkan residu pada baju. Residu inilah yang bisa menjadi penyebab alergi pada kulit bayi yang ditandai dengan munculkan ruam kemerahan.

2.     Pilih Deterjen Rendah Busa
Deterjen khusus bayi atau deterjen biasa cair dianggap lebih aman untuk si kecil karena cenderung menghasilkan busa yang sedikit. Busa yang berlebih Seperti halnya pada sabun bubuk menjadi salah satu penyebab timbulnya alergi kulit. Semakin banyak busa yang dihasilkan, maka semakin banyak pula residu yang ditinggalkan pada pakaian.

3.     Cek Komposisi Sabun
Hal utama yang harus Anda lakukan saat membeli sabun cuci khusus bayi adalah komposisi bahan yang digunakan. Pilihlah deterjen dengan kandungan soda api paling rendah. Bahan soda api inilah yang menjadi pemicu munculnya gatal-gatal pada kulit bayi.

4.     Tidak Perlu Pelembut dan Pewangi
Deterjen untuk baju bayi yang aman adalah deterjen yang tidak mengandung pelembut atau pewangi alias netral. Kandungan pelembut dan pewangi bisa menimbulkan gatal dan ruam kemerahan pada bayi. Selain pada deterjen, hindari juga penggunaan pelembut dan pewangi pakaian saat menyetrika.