Cara Biar Bisnis Kau Mendapat Pelanggan



Pelanggan merupakan satu hal terpenting dalam bisnis, sebab dengan adanya pelangganlah bisnis kita dapat bertahan dan berkembang. Memiliki banyak pelanggan merupakan harapan setiap pemilik bisnis. Menemukan pelanggan atau konsumen gres yaitu sebuah tantangan penting dalam setiap bisnis.
Namun, sebagai pemilik bisnis yang baik, kita tidak dapat hanya fokus menjaring pelanggan gres dan melupakan pelanggan setia. Karena tanpa pelanggan setia, bisnis kau sudah hancur semenjak mulai berjalan.
Simak bagaimana cara menarik pelanggan.

1. Maksimalkan Sosial Media
Sosial media bukan hanya sarana yang sempurna untuk promosi saja, tetapi dapat juga menjadi belakang layar efektif dalam menjaring pelanggan gres serta menyapa para pelanggan setia. Untuk menjaring lebih banyak pelanggan, perluas jaringan dengan memanfaatkan banyak sekali sosial media.

Anggap saja belakang layar menarik pelanggan baru yang satu ini menyerupai jaring laba-laba. Jika jaring tersebut semakin besar lengan berkuasa dan luas tentu semakin besar juga kita dapat mendapat kesempatan untuk menangkap mangsa dalam jumlah yang lebih besar.

Tapi, Anda harus selalu update media umum yang Anda pakai untuk berbisnis. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda masih berada di bundar pergaulan klien atau pelanggan. Dengan ini, Anda juga dapat mengingatkan pelanggan bahwa Anda berada disana. Makara ketika mereka membutuhkan produk tertentu, mereka akan pergi ke toko Anda bukan ke kompetitor.

2.Jangan Lupa Jaringan di Dunia Nyata
Ya, Anda memang perlu memaksimalkan networking atau jaringan di dunia maya lewat sosial media. Namun, tidak berarti Anda melupakan networking di dunia nyata. Coba Anda telusuri, apakah pelanggan yang Anda temui tersebut merupakan pelanggan sebelumnya atau mereka memang seseorang yang sudah kita kenal sebelumnya.

Rahasia menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan setia yaitu dengan tetap membangun kekerabatan yang baik dengan cara tradisional. Dengan bertemu orang, kita pun akan mempunyai jaringan yang lebih luas. Jadi, bertemanlah dengan pelanggan tersebut dan jangan pernah lupa membawa kartu nama kemana pun Anda pergi.

Jika kita mempunyai kekerabatan yang baik dengan pelanggan, bukan mustahil kalau kita dapat mendapat pelanggan gres dari mereka. Karena kita tidak dapat meremehkan kekuatan “dari lisan ke mulut”.

3. Aplikasikan Strategi Marketing yang Berbeda-beda
Dalam menjalankan taktik pemasaran, ada baiknya untuk tidak terpaku dengan satu taktik yang sama setiap saat. Cobalah untuk memakai taktik marketing yang tidak sama. Misalnya, Anda dapat memakai taktik marketing yang meliputi pemakaian teknologi gres menyerupai e-mail marketing. Anda dapat mencoba mengirim newsletter juga melalui email perusahaan untuk dikirim ke email pelanggan.
Kemudian, cobalah untuk memakai taktik marketing dalam jangka panjang tanpa melupakan adanya penanda atau milestone setiap bulannya. Dengan belakang layar menarik pelanggan baru ini, temukan taktik marketing yang berdasarkan Anda paling cocok untuk bisnis yang sedang Anda jalani. Namun, sehabis menemukan yang cocok, bukan berarti Anda tidak mencoba mengkreasikan taktik lainnya lagi.

4. Carilah Rekan Bisnis
Salah satu taktik paling cepat untuk menjaring pelanggan gres yaitu dengan mencari dan menemukan seorang rekan bisnis yang dapat membantu bisnis kita. Mungkin sebelumnya Anda jug sering melihat fenomena ini dalam bisnis. Yaitu ketika dua perusahaan saling berhubungan untuk 
mengiklankan produk mereka.
Bahkan adanya akuisisi dapat dibilang sebagai bentuk dari kerjasama bisnis. Namun, akuisisi ini dapat dibilang sebagai bentuk kolaborasi yang kuat. Jadi, carilah rekan bisnis yang sempurna dan sukses bersama dalam bisnis. Karena dalam belakang layar menarik pelanggan baru, terlalu bersaing secara ketat juga hanya akan membuka pintu peluang untuk pelaku bisnis lainnya.
Misalnya Anda dapat berhubungan dalam hal membagikan voucher belanja atau diskon belanja. Dalam hal ini, contohnya Anda mengatakan voucher belanja atau diskon pada rekan bisnis untuk ia bagikan pada pelanggan yang membeli produk atau jasanya.  Jadi, kalau seorang pelanggan rekan bisnis membeli produk atau jasa dengan harga tertentu misalnya, mereka akan mendapat voucher belanja di tempatmu. Ini dapat menjadi cara yang efektif untuk menggaet pelanggan baru.

5. Buat Diskon atau Gift Away
Rahasia menarik pelanggan baru yang selanjutnya yaitu dengan menciptakan diskon dan memberi hadiah atau gift away. Coba ingat kembali kapan Anda terakhir kali memperlihatkan diskon atau penawaran khusus pada pelanggan? Mulai kini cobalah untuk mengatakan diskon, gift away atau penawaran khusus lainnya secara rutin pada pelanggan.
Anda dapat memanfaatkan waktu-waktu tertentu untuk mengatakan diskon. Misalnya ketika hari besar menyerupai HUT RI, hari anniversary toko, hari belanja online nasional dan lain sebagainya. Banyak pebisnis yang mengatakan diskon atau penawaran Istimewa lainnya untuk menjaring customer gres dan mempertahankan pelanggan lama. Jadi, mengapa Anda tidak mencobanya juga?

6. Buat Kompetisi dan Lomba Berhadiah
Selain memperlihatkan diskon, menciptakan kompetisi atau lomba berhadiah dapat menjadi taktik lain untuk mendapat pelanggan baru. Salah satu teladan belakang layar menarik pelanggan baru dengan cara ini yaitu dengan menciptakan kompetisi untuk para pelanggan kita semoga mempromosikan bisnis kita di media umum tertentu menyerupai Instagram.
Misalnya, para pelanggn diminta untuk membagikan sebuah postingan promosi dan tag teman-teman mereka. Selain dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada, Anda juga dapat mendapat kesempatan menjaring pelanggan gres dengan cara ini.

7. Cek Kembali Laporan Produk
Anda telah menempuh banyak sekali jalan tetapi ternyata pelanggan gres yang diinginakan tak kunjung datang? Hal ini dapat jadi bukan sebab cara yang Anda lakukan salah, tetapi justru produk yang Anda tawarkan ketika ini masih belum sempurna atau belum dapat menarik pelanggan.
Jika yang terjadi yaitu demikian, belakang layar menarik pelanggan baru yang sempurna yaitu dengan melalukan investigasi kembali database dan lihatlah apakah ada kesalahan mengenai produk yang Anda tawarkan. Jika belum yakin dengan apa masalahnya, Anda dapat melaksanakan survey atau meminta feedback pelanggan sehabis mereka melaksanakan transaksi pembelian. Untuk mempermudah meminta feedback pelangga.
Perusahaan yang sudah berkembang juga sering menempuh cara ini untuk mencari tahu evaluasi masyarakat terhadap produk serta layanan yang diberikan. Dengan mengetahui apa yang pelanggan dan masyarakat harapkan dari produk kita, kita dapat dengan gampang memilih peningkatan kualitas macam apa yang sempurna untuk produk maupun layanan yang kita berikan.