Cara Semoga Selalu Optimis Salam Menghadapin Segala Hal



Bila dalam kondisi yang dilihat tidak ada sebuah kebaikan atau jalan terbaik, maka orang optimis akan menganggap hal lain.
Mereka akan senantiasa melaksanakan sesuatu yang tidak disangka-sangka. Maka, sangatlah masuk akal bila orang optimis ini selalu dilabeli dengan orang yang tidak realistis atau sebagai pemimpi belaka.
Contohnya saja, bila ada sekelompok orang yang tersesat di hutan dengan perbekalan yang sudah menipis serta alat-alat yag sudah tidak bisa diandalkan. Maka orang optimis, akan berpikir aktual serta mencari jalan keluar terbaik dengan apa yang mereka miliki.
Bisa dibilang, orang optimis ini selalu mempunyai sudut pandang yang berbeda dan mempunyai perilaku yang berbeda dalam menghadapi sebuah masalah.
Tentunya perilaku optimis ini tidak semerta-merta bisa tumbuh dengan sendirinya. Perlu dipelajari, dilatih, dan dibiasakan. Sehingga apapun dilema yang dihadapi oleh orang optimis akan senantiasa ringan dalam menjalani kehidupan.

Bersyukur

Bersyukur semoga lebih optimis ini bicara mengenai banyak hal yang bisa kau lakukan lho. Misalnya saja, buat daftar apa saja yang bisa kau syukuri dalam satu hari. Tidak perlu hal-hal yang besar, bahwasanya hal-hal kecil yang tidak kau sadari pun bisa jadi sumber rasa syukurmu. Misalnya saja kau masih bisa punya pekerjaan, dan berada di tengah lingkungan yang baik dengan keluarga dan teman-teman yang mendukung. Saat memulai hari dan pekerjaanmu pun, coba mulai perbaharui “daftar pekerjaanmu”. Dibanding menciptakan hal-hal yang harus kau kerjakan dan menjadi beban, coba buat daftar dari apa yang kau harapkan hari itu ya. Dengan begitu kau bisa lebih optimis dan bersyukur untuk setiap pencapaian yang ada.
Jangan lupa juga, berfokuslah pada apa yang sudah kau miliki sekarang, bukan apa yang tidak kau miliki. Coba deh, lihat hal-hal baik yang terjadi di sekitarmu, atau apa yang sudah kau capai setiap harinya. Belajar dari apa yang sudah terjadi, kau bisa mencoba menerapkannya untuk masa kini maupun masa mendatang. Contohnya, menduplikasi kesuksesan di masa lalu, atau berguru cara menghadapi hal jelek menurut pengalaman kau sebelumnya. Dulu saja dilema berat bisa kau lalui, tentunya kini juga bisa kan?

Jangan Takut Bermimpi

Jika perjalananmu mencapai kesuksesan terasa berat, coba mulai lihat dari satu langkah di depanmu. Misalnya kau ingin menjadi seorang pengusaha kuliner ternama yang punya cabang di mana-mana, coba mulai dari langkah-langkah kecil. Misalnya saja, mencari tahu jenis kuliner yang akan kau tekuni, kemudian menyebarkan resep, mendesain tokomu, dan seterusnya. Visualisasikan langkah demi langkah semoga kau tahu bagaimana jalan untuk mencapai impianmu.
Stop merendahkan dan menyepelekan dirimu sendiri, untuk mimpi apa pun yang kau punya. Boleh lho, untuk meyakini bahwa apa yang kau cita-citakan akan tercapai. Kegagalan merupakan bab dari perjalanan, yang harus juga kita nikmati dan ambil pelajaran sebaik mungkin. Coba pikirkan secara optimis, kalau sukses merupakan sebuah jaminan, apa lagi yang akan kita lakukan?

Lakukan Aktivitas yang Sehat & Menyenangkan

Sehat tidak hanya bicara mengenai fisik, tapi juga sehat secara mental. Untuk sehat secara fisik, kau bisa melaksanakan olahraga setiap kali kau merasa pesimis. Gerak tubuh dan berkeringat secara tidak eksklusif akan memperbaiki mood-mu, dan membuatmu merasa lebih optimis. Dibanding, kalau kau hanya duduk membisu di depan laptop dan merenungkan banyaknya pekerjaan yang kau miliki.
Untuk sehat secara mental dan jadi lebih optimis, kau bisa “melatih” kebahagiaan yang kau miliki. Misalnya saja dengan membantu orang lain, perbanyak tertawa bersama orang-orang terdekat, juga menonton film-film lucu. Selain itu, kau juga boleh meluapkan dan “melepaskan” emosi negatif dalam dirimu. Misalnya saja berteriak sekuat tenaga untuk melepaskan penatmu, mengeluh, dan lain sebagainya. Setelahnya, kau akan lebih lega dan bisa lebih optimis dalam melihat sekitarmu. “It’s ok to be not ok”, jadi kalau kau sudah terlalu lelah, ambillah waktu sejenak untuk beristirahat ya. Jangan lupa juga awali hari dengan mencari tahu apa yang akan menciptakan kita senang hari itu.

Evaluasi Orang Terdekatmu

Kita cenderung terpengaruh dengan orang-orang terdekat kita. Entah itu dari teladan makan, daerah kesukaan, musik favorit, hingga optimisme maupun pesimisme mereka. Kalau kau sudah mencoba banyak sekali hal di atas dan belum juga berhasil, kau bisa mulai melihat orang-orang di sekitarmu. Bisa jadi, mereka semua masih pesimis, sehingga lebih sulit bagimu untuk “berjuang sendiri” menjadi optimis. Kamu bisa mengajak mereka untuk jadi optimis juga, atau kau bisa mulai mendekatkan diri dengan orang-orang yang lebih optimis. Dengan begitu, kau akan lebih bisa mempraktikkan optimisme dalam keseharianmu.
Ada sebuah kutipan dari John C. Maxwell mengatakan, “Life is a matter of choices, and every choice you make makes you”. Setiap hari yang kau jalani akan penuh dengan pilihan, dan apa pun yang kau pilih, itulah yang akan membentuk dirimu. Kalau kau ada di persimpangan antara optimis dan pesimis, sudah tahu kan harus menentukan yang mana? Ingat, masa depan dan kesuksesan ditentukan juga dari perilaku dan tingkah lakumu.
Kalau menentukan optimis, pastinya kau akan mempunyai energi pelengkap untuk menjalani setiap proses, baik kesuksesan maupun kegagalan. Optimis bisa dipelajari dan dilatih, yuk mulai secepatnya, semoga hari-harimu ke depan bisa jadi lebih baik. Jangan lupa untuk sign up ke Glints dan mari sambut karirmu dengan optimisme!