Jika Ingin Sukses Jangan Lakukan Hal Ini


Semua orang niscaya ingin mencicipi kesuksesan yang ia raih dan kesuksesan itu bisa tiba dari mana saja tergantung perjuangan kita. Tidak hanya perjuangan yang bisa suskes tetapi ketetapan dirikita untuk pantang mengalah itu juga bisa dibilang sukses dalam menghadapin masalah-masalah yang ada.

Kesuksesan bisa tiba dari hal yang kecil, tidak semua kesuksesan berasal dari yang besar. Bisa jadi kesuksesan yang bawal dari kecil bisa menjadi kesuksesan yang besar.

Simak apa saja yang dihentikan dilakaukan oleh orang-orang sukses.

1. Mereka tidak pernah membiarkan masa kemudian mendikte masa depan mereka
Setiap orang mempunyai masa lalu, baik, buruk, suka ataupun sedih semuanya itu yaitu masa lalu. Menjadi seorang yang gampang melupakan dan meninggalkan masa kemudian memang tidak semuanya bisa. Karena banyak dari kita yang menjadi terpuruk dan bahkan sulit untuk melaksanakan hal di masa kini dan mengharapkan sesuatu yang besar di masa depan. Hanya sebab takut mencicipi apa yang pernah dialami di masa lalu.
Tapi setiap orang sukses selalu mau dan berusaha untuk melupakan dan meninggalkan masa kemudian mereka. Mungkin memang gampang ketika diucapkan tapi belum tentu ketika mulai dilakukan. Itu semua tergantung pada sudut pandang kita. Seseorang bisa menjadi orang yang lebih sukses ketika mereka bisa menimbulkan masa kemudian sebagai pelajaran, bukan menjadi sesuatu yang mendekte kita untuk melangkah di masa depan.
2. Mereka tidak pernah bergunjing
Sulit memang menahan diri sendiri untuk tidak membicarakan keburukan orang lain. Kita juga dikaruniai sifat yang selalu ingin tahu ihwal eksklusif orang lain, ibarat alasan ihwal keputusan seseorang, motivasi dibalik tindakan mereka, dan apa yang mereka ingin capai. Tapi bergotong-royong ketika kita menggosipkan atau membicarakan orang lain, tanpa sadar kita juga membicarakan diri kita sendiri. Dan tidak sadar juga bahwa membicarakan hal yang bukan urusan kita menjadi hal yang tidak begitu menyenangkan.
Mereka yang bisa mengendalikan diri ketika ingin membicarakan orang lain, bergotong-royong mulai berfikir apakah mereka juga melaksanakan yang orang lain lakukan. Dan orang sukses akan lebih menentukan berbicara secara terbuka ihwal pikiran dan perasaan mereka sendiri, ketimbang harus membicarakan orang lain.
3. Mereka bahkan tidak pernah berkata “ya” ketika mereka tahu bergotong-royong itu “tidak”
Menolak ajakan dari rekan kerja, customer, atau bahkan teman itu memang berat. Tapi menyampaikan tidak itu lebih baik daripada hanya memberi keinginan dengan menyampaikan ya. Kebanyakan orang akan mengerti ketika Anda menyampaikan tidak disertai dengan alasan dan klarifikasi yang menciptakan mereka menerima. Mungkin kita akan merasa jelek ketika kita berkata tidak atau menolak ajakan orang lain. Tapi itu tidak seberapa ketika kita berkata iya yang aslinya kita tidak bisa memenuhinya.
Orang sukses selalu berhasil menyampaikan tidak untuk beberapa hal dalam hidup mereka. Mereka menentukan fokus menyampaikan ya untuk hal – hal yang mereka yakini mampu mereka berikan.
4. Mereka tahu bagaimana cara untuk tidak mengganggu
Bila kita mengganggu seseorang, bergotong-royong yang ada difikiran kita yaitu “Saya tidak berfikir apa yang akan kau katakan. Saya hanya berfikir apa yang ingin saya katakan dan itu sangat penting, jadi Anda harus mendengarkan saya sekarang”. Ketika seseorang mengganggu orang lain dengan cara apapun, bergotong-royong ada rasa ingin diperhatikan lebih dari sebelumnya.
Tapi disini seorang yang sukses tahu kapan ia harus mencari dan membutuhkan perhatian. Mereka akan berusaha mencari waktu dimana mereka bisa berbicara dan mengungkapkan apa yang mereka fikirkan. Dan mereka ingin berguru dari apa yang orang lain pikirkan, sehingga itu tidak menyakiti hati siapapun.
5. Mereka tidak pernah terlambat
Semua orang tahu, ketika Anda bekerja dan berusaha membangun bisnis dengan susah payah dan tanpa jeda, Anda merasa kewalahan dengan apa yang Anda pikirkan dan lakukan. Dan Anda merasa sangat membutuhkan waktu lebih untuk diri Anda sendiri. Tapi ketika Anda bekerja dalam persaingan yang sangat ketat, kata terlambat bisa menjadi haram bagi Anda.
Sebisa mungkin Anda akan benar – benar berusaha mengabaikan rasa lelah dan malas, biar bisa tiba dan memulai hari mereka lebih awal dari yang lainnya. Mereka tiba lebih awal untuk menjadwalkan hari – harinya. Mereka tidak khawatir ketika mereka akan membuang waktu dengan merencanakan sesuatunya.
6. Mereka tidak pernah membenci
Seperti yang dikatakan Nelson Mandela, “Benci itu ibarat meminum rabun dan kemudian kita berharap itu akan membunuh musuh kita”. Hal ini berlaku ketika kita merasa ada yang menyakiti hati, memperlihatkan luka dan menciptakan kita merasa tidak nyaman. Setiap orang mempunyai sisi baik dab buruk, jika Anda berpegang teguh pada niat buruk, maka satu – satunya orang yang bergotong-royong kehilangan yaitu diri Anda sendiri.
Hebatnya orang sukses bisa menempatkan semua energi emosional mereka kedalam fokus bekerja, bukan pada apa yang orang lain lakukan.
7. Mereka tidak pernah tetapkan bahwa mereka tidak punya waktu
Siapapun tahu orang pada umumnya mempunyai banyak waktu untuk melaksanakan sesuatu ketimbang mereka yang menentukan untuk fokus bekerja. Terkadang ini banyak ditentang, sebab mereka seolah tidak mempunyai waktu untuk diri mereka sendiri. Tapi tahukah kita? Jika bergotong-royong mereka mempunyai kehidupan yang hebat. Mereka sudah tahu apa yang penting bagi mereka dan menciptakan hal itu bisa terjadi.
Mereka mencari tahu apa yang penting bagi mereka, dan meninggalkan semua yang tidak penting, hingga kemudian mewujudkannya. Dan yang paling penting yaitu “Kita semua diberi jumlah waktu yang sama. Satu – satunya perbedaan yaitu bagaimana kita memakai waktu kita”. Hebatnya orang sukses memakai waktu mereka tanpa merasa kehilangan waktu sedikitpun.
8. Mereka tidak pernah merasa cocok
Sekalipun kita bekerja di lingkup yang sama, yaitu industri. Tapi tidak ada yang merasa cocok dengan apa yang kita lakukan, kita kenakan dan kita fikirkan. Bahkan tidak banyak yang menyukai kita, sekalipun mereka berkata ini “baik”.
Orang sukses selalu jago dalam tetapkan menjadi diri mereka sendiri. Dengan membantahkan keinginan untuk mencoba menyesuaikan menjadi orang lain. Mereka tidak terfikir untuk menciptakan kesan buatan untuk orang lain, sebab mereka sadar bahwa mereka akan gampang kehilangan banyak kenalan. Mereka lebih yakin bahwa mereka akan mendapatkan teman sejati.
9. Mereka tidak pernah takut untuk melaksanakan hal – hal baru
“Satu – satunya hal yang harus kita takuti yaitu ketakutan itu sendiri”, ungkapan ini memang benar. Tapi kutipan lainnya menyampaikan bahwa “Satu – satunya hal yang kita harus takutkan yaitu diri kita sendiri”. Kita bukan hanya takut dengan hal yang yang belum terjadi, tapi kita juga bisa takut dengan hal yang sudah terjadi. Banyak orang yang takut untuk berubah, melaksanakan sesuatu dan takut akan jawaban orang lain.
Dan itulah yang menciptakan banyak orang ragu. Menunggu ketika yang tepat, berfikir lebih usang atau melaksanakan penelitian lebih lanjut untuk tetapkan sesuatu yang akan dilakukan. Tapi bisakah kita hanya berfikir bahwa ketakutan dalam diri itu hanya sebagai pemicu semangat untuk benar – benar berani dalam melaksanakan sesuatu?
Jangan biarkan ketakutan itu menghambat diri kita. Apapun yang telah direncanakan, apapun yang sudah dibayangkan dan apapun yang sudah diimpikan, lakukan saja. Ambil langkah pertama untuk setiap hal gres yang ingin Anda kerjakan, mulai dari sekarang.


x