Tanya Dokter Mata Mengenai Penyakit yang Umum Diderita


Mata merupakan bagian tubuh yang penting untuk dirawat dengan baik. Dimana mata mempunyai fungsi yang vital untuk melihat, membaca, dan berbagai kegiatan lainnya yang dinikmati bagi seseorang yang mempunyai mata sehat. Oleh karena itulah sebaiknya Anda berusaha untuk menjaga kesehatan mata dengan baik yang bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata, istirahat yang cukup, dan juga tidak membuat mata kerja secara berlebihan. Selain itu juga lakukan pemeriksaan mata secara rutin untuk mengetahui masalah yang bisa terjadi pada mata. Anda bisa untuk tanya dokter mata mengenai gejala pada mata yang dirasakan, sehingga nantinya Anda bisa menghindari berbagai penyakit yang menyerang mata seperti contoh berikut:



  1. Katarak
Penyakit pertama yang bisa menyerang mata adalah katarak yang merupakan kelainan mata karena penumpukan protein pada lensa mata. Adanya penumpukan protein sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti yang paling umum adalah karena penuaan, karena katarak paling sering terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut. Selain itu penyebab lainnya adalah karena radiasi sinar ultraviolet, diabetes, cedera mata, dan juga karena genetika atau bawaan lahir.

  1. Konjungtivitis
Penyakit selanjutnya yang bisa terjadi adalah konjungtivitis yang juga biasanya disebut sebagai pink eye. Kondisi ini merupakan kelainan mata karena terjadinya peradangan pada konjungtiva atau bagian selaput tipis yang merupakan lapisan bola mata dan kelopak mata bagian dalam. Adapun penyebab dari penyakit mata yang satu ini adalah karena bakteri, virus, ataupun alergi yang bisa masuk pada mata. Selain itu faktor lainnya adalah karena paparan asap rokok, debu, dan juga menggunakan kosmetik tertentu.

  1. Glaukoma
Masalah mata selanjutnya yang bisa terjadi adalah glaukoma yang merupakan gangguan pada saraf penglihatan. Hal ini terjadi karena peningkatan tekanan yang ada dalam bola mata sehingga dapat menyebabkan glaukoma. Adapun untuk penyebab dari masalah mata yang satu ini adalah karena tekanan darah tinggi, sehingga bagi seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi bisa terkena glaukoma. Tekanan darah yang tinggi nantinya dapat untuk menyebabkan sumbatan di saluran air mata yang menyebabkan glaukoma. Selain itu penyebab lainnya juga karena penggunaan obat mata secara berlebihan terutama apabila menggunakan obat mata golongan kortikosteroid.

  1. Mata rabun
Penyakit mata selanjutnya yang bisa terjadi adalah mata rabun dimana penyakit ini terbagi atas beberapa jenis. Mata rabun yang bisa dialami adalah sebagai berikut:

·         Rabun jauh merupakan jenis yang pertama atau yang juga disebut sebagai miopia. Kondisi ini merupakan mata yang tampak samar ketika melihat benda yang jaraknya jauh. Adapun penyebab rabun jauh adalah karena faktor genetik dan bisa dibantu dengan penggunaan kacamata, lensa kontak, dan juga operasi plastik untuk melihat secara normal.
·         Rabun dekat merupakan mata yang tidak dapat melihat sempurna untuk obyek yang jaraknya dekat dan juga disebabkan oleh faktor genetik.
·         Rabun senja merupakan kondisi yang tidak bisa melihat dengan jelas di tempat yang gelap, malam hari, dan pencahayaan buruk.

Beberapa penyakit di atas merupakan penyakit umumnya yang dapat menyerang mata dan diderita oleh banyak orang. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit mata lainnya bisa untuk tanya dokter mata seperti lewat aplikasi Halodoc yang mudah dan gratis untuk mendapatkan jawaban yang Anda butuhkan. Selain itu juga berkonsultasi mengenai gejala penyakit mata yang dirasakan untuk sebaiknya ditangani segera agar tidak bertambah parah dan berbahaya.