Tips Kolaborasi Untuk Membuatkan Usaha



Melaksanakan kerjasama dalam perjuangan kurang lebih menyerupai pernikahan. Banyak dari mereka tidak bekerja sama dengan baik dan beberapa malah berakhir dengan buruk. Kerjasama perjuangan terdiri dari beberapa jenis. Ada yang melangsungkan kesepakatan secara aturan dalam jangka panjang dan juga ada yang menjalankannya secara sederhana dalam jangka pendek untuk sekedar mencoba. Berikan kesempatan terbaik kemitraan bisnis kecil Anda dengan mengikuti beberapa tips berikut.

1. Bagi Hasil
Kerja sama usaha dengan sistem bagi hasil merupakan salah satu solusi terbaik untuk berbagi usaha. Sistem bagi hasil dapat dijalankan bersama keluarga, sahabat, atau korelasi yang kita miliki. Katakanlah contohnya kita punya teman-teman yang mempunyai modal, maka ajak saja ia untuk menjadi pemodal pada perjuangan kita. Dia yang memberi modal uang, kita yang fokus menjalanjan. Selanjutnya tinggal diatur berapa persen pembagian keuntungannya.

2.Waralaba (Franchise)
Francise adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan pengertian umumnya ialah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau memakai hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas perjuangan yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan menurut persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

3.Peluang Usaha (Business Opportunity)
Sistem kolaborasi berikutnya biasa disebut dengan business opportunity. Prinsip peluang perjuangan ini ialah pemegang suatu merek menjual merek kepada suatu pihak untuk dioperasikan dan lalu membagi sebagian manfaatnya untuk si pemegang merek. Sistem ini hampir sama dengan sistem waralaba (franchise) dengan persyaratan yang lebih longgar dan fleksibel.

4.Joint Venture
Joint venture ialah kolaborasi beberapa pihak untuk menyelenggarakan perjuangan bersama dalam jangka waktu tertentu. Sistem joint venture mirip dengan sistem bagi hasil. Dalam joint venture tidak hanya membagi keuntungan, tapi juga membagi kerugian yang dialami. Baik keuntungan atau kerugian, semua akan ditanggung oleh semua pihak yang berkontribusi di dalamnya.

5.Konsinyasi (Consignment)
Konsinyasi ialah sebuah bentuk kolaborasi penjualan yang dilakukan antara pemilik produk dengan penyalur dengan sistem bagi hasil. Pemilik produknya menitipkan barangnya kepada penyalur untuk dijual di tokonya. Penyalur ini umumnya berupa toko. Bisnis menyerupai ini cocok Anda terapkan kalau Anda tidak mempunyai toko sendiri.