4 Manfaat Memiliki Deposito Berjangka


Investasi merupakan salah satu hal yang penting dimiliki setiap orang untuk menjamin berbagai kemudahan di masa depan. Ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Salah satu investasi yang dinilai cukup aman, mudah, dan menguntungkan adalah deposito berjangka. Lalu, apa saja manfaat yang Anda dapatkan dengan memiliki investasi ini?



  1. Investasi yang cukup aman
Ketika memilih sebuah investasi, Anda juga harus mengambil resiko jika nilai investasi yang Anda tanam tersebut justru bisa menurun di masa depan. Namun, deposito berjangka merupakan salah satu investasi yang dianggap paling aman dan memiliki tingkat resiko lebih rendah dibanding investasi jenis lain.

Resiko yang mungkin terjadi hanya jika terjadi masalah dan kondisi politik yang cukup parah atau negara mengalami krisis yang sangat buruk. Kondisi yang terjadi di pasar uang dan pasar modal juga hanya berpengaruh sedikit sekali terhadap simpanan Anda. Gejolak pasar tidak akan berpengaruh banyak pada uang yang Anda investasikan dan nilai investasi Anda cenderung tetap stabil.

  1. Suku bunga lebih besar
Dibanding dengan produk tabungan biasa, deposito akan membuat Anda mendapatkan suku bunga yang lebih besar. Anda akan mendapat suku bunga tiga kali lebih besar dibanding jika Anda menabung dengan produk tabungan yang biasa. Pada produk tabungan biasa, umumnya bank hanya akan memberi bunga sebesar 2% saja. Bunga tersebut juga pada akhirnya habis hanya untuk berbagai potongan administrasi.

Sementara itu, suku bunga terendah produk deposito di bank dengan tenor yang hanya satu bulan saja bisa mencapai 4,75%. Jika Anda memilih tenor dalam kurun waktu tiga bulan, suku bunga yang Anda dapatkan bisa mencapai 5%.

Bunga yang Anda dapatkan ini juga bisa Anda alokasikan sesuai keinginan Anda, apakah Anda akan mengambilnya untuk keperluan Anda atau menambahkannya pada nilai deposito yang sebelumnya Anda miliki agar bisa mendapat bunga yang lebih besar lagi pada periode selanjutnya. Semakin tinggi nilai uang yang Anda investasikan serta semakin panjang tenor yang Anda pilih, maka bunga yang akan Anda dapatkan juga semakin besar.

  1. Keamanan yang terjamin
Uang yang Anda investasikan dalam bentuk deposito dapat lebih terjamin keamanannya dibanding jika Anda simpan di tempat yang lain. Ini juga menjadi salah satu alasan banyaknya nasabah yang menggunakan produk investasi yang satu ini. Uang yang Anda simpan tersebut sudah resmi terjamin oleh negara.

Melalui Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS, pemerintah telah menjamin uang investasi para nasabah bank yang menyimpannya di deposito. Bahkan, suku bunga juga menjadi bagian yang masuk pada jaminan LPS. Namun, ada beberapa persyaratan untuk uang yang dijamin oleh pemerintah ini.

Syaratnya yaitu nilai deposito yang Anda tanam tidak boleh melebihi angka dua milyar rupiah yang merupakan batas jaminan yang diberikan oleh LPS. Selain itu, suku bunga yang Anda peroleh juga tidak boleh melebihi bunga yang menjadi jaminan LPS.

  1. Proses yang mudah
Untuk membuka sebuah deposito, Anda cukup datang ke bank dan mengajukan permohonan untuk membuka deposito. Proses ini juga cukup cepat sehingga Anda bisa langsung menerima bilyet Anda. Untuk proses pengambilannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mematuhi jangka waktu yang telah Anda tentukan dengan pihak bank sebelumnya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki deposito berjangka. Semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan Anda ya!